TNI  

Dengan Bangga, Pangdivif 2 kostrad Pimpin Upacara Pemberangkatan Satgas Satjar Divif 2 Kostrad

Surabaya, BULETININDO.COM – Pangdivif 2 Kostrad Mayjen TNI Syafrial, PSC., M.Tr.(Han)., Pimpin Upacara Pemberangkatan Tugas Operasi Satgas Satuan Organik Yonif Raider 514/Sabaddha Yudha di Provinsi Papua TA 2022 dan Satgas Satuan Organik Yonarmed 1/Roket/Ajusta Yudha di Maluku dan Maluku Utara TA 2022 yang bertempat di Pelabuhan Dermaga Ujung Surabaya, Jawa Timur. Senin (15/08).

Pada kesempatan ini, Yonif Raider 514/Sabaddha Yudha dan Yonarmed 1/Roket/Ajusta Yudha, sebagai Satuan yang diberikan kesempatan sekaligus kepercayaan dari pimpinan untuk melaksanakan penugasan dalam negeri, yaitu di wilayah Provinsi Papua dan Maluku – Maluku Utara.

Dalam Amanat yang dibacakan Pangdivif 2 Kostrad, beliau menuturkan, “kalian merupakan duta dari TNI dan Negara dalam rangka menjaga keamanan dan kedaulatan NKRI yang kita cintai bersama. Setiap langkah yang kalian lakukan di daerah operasi merupakan pertaruhan, oleh karenanya jaga kehormatan diri dan marwah satuan. Kalian berangkat dengan penuh harapan disertai kehormatan, dan yakinkan akan kembali membawa kebanggaan bagi diri pribadi, keluarga dan satuan,” ujarnya.

“Sebagai satuan yang ditugaskan di wilayah Provinsi Papua dan di wilayah Maluku – Maluku Utara, kehadiran kalian nanti harus memiliki dampak dan manfaat positif untuk masyarakat, dengan membantu mengatasi segala kesulitan rakyat di sekelilingnya,”
“Pertajam naluri tempur, naluri teritorial, dan naluri intelijen serta Sense Of Crisis, agar setiap indikasi kerawanan yang berpotensi akan mengganggu keamanan dapat diantisipasi dan diselesaikan dengan baik. Senantiasa pedomani Sapta Marga, Sumpah Prajurit serta 8 Wajib TNI selama di daerah penugasan dalam rangka mencapai keberhasilan pelaksanaan tugas pokok yang diberikan,” sambung Pangdiv.

Disisi lain Mayjen TNI Syafrial juga menekankan untuk selalu meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa di manapun kita berada. “Tugas Operasi adalah tugas mulia bagi seorang prajurit. Satukan niat dan bulatkan tekad. Laksanakan tugas operasi ini dengan penuh semangat dan pantang menyerah. Tidak ada keberhasilan tanpa pengorbanan dan tidak ada pengorbanan yang sia-sia. Tunjukkan bahwa prajurit Sabaddha Yudha dan Ajusta Yudha adalah prajurit yang handal dan professional,” Pungkas Mayjen TNI Syafrial.

Dalam upacara ini, turut dihadiri Pejabat Gubernur Jatim yang diwakili oleh Ka kesbangpol, Pangdam IV/BRW yang diwakili oleh Kasdam V/BRW, Kapolda Jatim yang di wakili Wakapolda Jatim, Pangkoarmada II, Kasgartap III Surabaya, Irdam V/BRW, Irdivif 2 Kostrad, Wakil Bupati Malang, Wakil Bupati Bondowoso, dan para Asisten Kasdivif 2 Kostrad serta para Dansatjar Divif 2 Kostrad. (Red)