Polri  

Sat Lantas Polres Bondowoso Memberhentikan Para Pengendara untuk Mengheningkan Cipta Dalam Memperingati HUT RI ke 77 Tahun

Bondowoso, BULETININDO.COM – Sejumlah pengendara dan pejalan kaki di Kota Bondowoso mengheningkan cipta untuk penghormatan bendera Merah Putih. Hal itu dilakukan dalam rangka memperingati HUT RI yang ke 77 tahun.

Pantauan di lapangan, ada 3 titik yang dilakukan pemberhentian para pengendara dan pejalan kaki diatur oleh petugas Kepolisian Sat Lantas Polres Bondowoso diharapkan berhenti sejenak secara serentak untuk mengheningkan cipta.

Bahkan para pengendara, baik pengendara sepeda motor mau pun mobil mematikan mesin kendaraannya selama beberapa menit untuk mengheningkan cipta serta melakukan penghormatan kepada bendera Merah Putih.

Kasat Lantas Polres Bondowoso AKP. Suryono mengatakan, pelaksanaan pemberhentian pengendara sepeda motor maupun mobil tersebut merupakan bagian dari memperingati HUT Republik Indonesia yang ke 77 tahun, “ungkapnya.

” Pelaksanaannya dilakukan sesuai dengan arahan dari pimpinan dengan melaksanakan mengheningkan cipta secara serentak serta melakukan Hormat kepada bendera sang Merah Putih dan diiringi lagu Indonesia Raya, “katanya, Rabu 17/08 2022.

Pemberhentian ini dilakukan di 3 titik yang ada di Kota Bondowoso diantaranya perempatan optik pasar induk Bondowoso, simpang 3 SPBU taman sari dan perempatan lampu merah Dinas Pengairan.

Pemberhentian dalam giat mengheningkan cipta terkhususkan para pengendara baik sepeda motor, mobil, maupun angkutan umum ikut mengheningkan cipta.

“Mengheningkan cipta ini dilakukan terutama diikuti oleh pengendara sepeda motor, dan mobil yang melintas dan mengheningkan cipta bersama-sama,” ujarnya.

“Tidak hanya itu, kami juga membagikan bendera merah putih kepada pengendara sebagai bentuk cinta tanah air Indonesia, “tuturnya.

Menurut Kasat Lantas Polres Bondowoso, pahlawan merupakan sumber inspirasi bagi petugas lalu lintas.

“Supaya kita terus semangat, dan menggelorakan semangat seperti semangat para pahlawan kita yang telah gugur untuk Kemerdekaan Negara Republik Indonesia,”tambah Kasat Lantas Polres Bondowoso AKP. Suryono.

Pada kesempatan tersebut, Kanit Gakum Laka Polres Bondowoso Iptu. Soeprapto, SH yang bertugas di titik Perempatan Optik Pasar induk Bondowoso juga menambahkan, pihak Kepolisian sengaja melaksanakan mengheningkan cipta bersama masyarakat untuk mengenang jasa para pahlawan dan memeringati HUT RI yang ke 77 tahun.

“Termasuk semangat juang para pahlawan kita. Semangat menyatu dengan masyarakat, sehingga dalam melakukan pekerjaan kami memiliki semangat yang optimis,” ujar Iptu. Soeprapto, SH.

Hal itu perlu dilakukan agar generasi muda dan masyarakat agar selalu diingat terhadap jasa-jasa para pahlawan yang telah gugur demi Kemerdekaan NKRI.

“Kegiatan ini kami lakukan supaya mengingat terus. Melihat para anak muda zaman sekarang suka lupa sama tanggal-tanggal peringatan seperti ini, justru dengan adanya kegiatan ini para pemuda bisa terus mengingat hari Kemerdekaan RI. Serta bangsa Indonesia butuh peran serta Pemuda untuk memajukan Negera Indonesia lebih maju lagi kedepannya,”pungkas Kanit Gakum Laka Polres Bondowoso. (Red)