Berita  

Sepakat, Empat Pengusaha Media Jatim Gagas Data Analyisis Media Network

Bondowoso, BULETININDO.COM – Empat pengusaha media online di Jawa Timur melakukan penadatangan kerjasama (PKS) di salah satu kafe yang ada di Kabupaten Bondowoso, Rabu (7/9/2022). Mereka sepakat untuk saling mendukung dalam pengolahan dan penerbitan berita yang berpedoman pada nilai-nilai pembangunan.

Keempat media yang dimaksud adalah Narasinews.id, Beritabangsa.com, Lensanusantara.co.id, dan Logikarya. Untuk program awal, keempat pengusaha media ini mencoba menggagas sistem pengolahan berita berbasis analisis data. Mereka memberi label kelompok tersebut dengan nama Data Analysis Media Network (DAMN).

Inisiator Data Analysis Media Network, Izzul Muttaqin, mengatakan bahwa tujuan penandatangan kerjasama tersebut tak lain dalam rangka mendukung pers berkualitas. Di mana pemilik media memiliki peran sangat penting untuk kemajuan industri pers.

BACA JUGA :  Babinsa Curahdami Bahas ODF, Bentuk Lakukan perubahan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat

“Saya berharap sejumlah media yang tergabung dalam DAMN ini benar-benar memiliki niatan dan semangat yang besar untuk mendukung kemajuan industri pers. Salah satunya dengan mengupayakan munculnya berita-berita yang edukatif, solutif dan konstruktif,” ucap pria yang juga menjabat Pimpinan Perusahaan (Pimprus) PT Narasi News Group ini.

Pria kelahiran Desa Wringin Anom, Kecamatan Asembagus ini juga mengatakan bahwa salah satu indikator penentu kualitas karya jurnalistik adalah kekayaan data yang ada di dalamnya. “Karena itu menurut saya tidak salah jika kami mencoba mengumpulkan para pengusaha media yang ‘sadar data’,” terangnya.

Hal senada juga disampaikan Moch. Atha’Iliah Ibnu Salim Direktur PT Media Jaya Lestari. Pria yang juga menjabat sebagai CEO Beritabangsa.com ini mengaku sangat bangga bisa menjadi bagian dari kelompok pengusaha media yang memiliki semangat untuk progres.

BACA JUGA :  BRI Menanam, Upaya Berkelanjutan BRI Bondowoso Perkuat Penerapan Prinsip ESG

“Setelah menanti lama, saya sangat excited (bergairah) atas penandatangan kerjasama media berjejaring ini. Hari ini eranya kolaborasi. Jadi sesama perusahaan pers harus berjejaring jika ingin kuat dari berbagai sektor. Baik itu konten dan bisnisnya,” tuturnya.

Selain itu, kata warga Surabaya ini, pihaknya ke depan akan terus berkolaborasi dengan tiga pengusaha media lainnya dalam mengagas atau menjalankan program-program DAMN. “Ke depan banyak program yang akan kita kolaborasikan,” tuturnya.

Sementara, Direktur PT Lensa Nusantara Multimedia, Arik Kurniawan Wijaksono, mengaku siap untuk menyatukan misi demi meningkatkan kualitas media masing-masing. Termasuk karya jurnalistik yang dilahirkan.

BACA JUGA :  Pemberian Remisi Umum Kepada Narapidana dan Anak Pidana Lapas Klas IIB Bondowoso

“Kami dari berbagai media memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Namun kami akan mencoba untuk menyatukan pikiran terkait dengan peningkatan portal media kami,” ungkap pemilik perusahaan pers asal Bondowoso ini.

Kalimat yang tak jauh berbeda disampaikan oleh Direktur PT Narasi News Group, Megawati Syamsiyah Emyus. Mantan Ketua Kopri PMII Situbondo ini berharap kolaborasi antar pemilik media bisa benar-benar berjalan dengan baik. Sehingga cita-cita bersama untuk menciptakan industri pers berkualitas benar-benar tercapai.

“Karena untuk membuat kemajuan yang besar, tidak cukup dilakukan oleh satu orang. Karena itu sudah selayaknya bergerak bersama-sama. Salah satu bentuk gerakan nyata adalah dengan dibentuknya Data Analysis Media Network ini,” tuturnya. (Red)