Polri  

Polres Bondowoso, Mencanangkan Program Gerakan Menanam tanaman Cepat Panen Pada Masyarakat Desa

Bondowoso, BULETININDO.COM – Kesiapan Gerakan Penanaman Tanaman Cepat Panem atau pencanangan penanaman Bibit Sayur-Mayur cepat Panen di setiap halaman rumah, kegiatan ini untuk menggalakan penanaman Sayur-Mayur cepat panen dalam rangka mewujudkan ketahanan pangan warga.

Dalam hal ini pihak Polres Bondowoso beserta instansi terkait turun langsung ke masyarakat untuk mempersiapkan gerakan penanaman tanaman cepat panen, tepatnya di Desa Maskuning Wetan Kecamatan Pujer Kabupaten Bondowoso, Rabu 21/09 2022, sekitar Pukul 07.00 Wib.

Turut serta melakukan kegiatan gerakan Penanaman Tanaman Cepat Panen, Kapolres Bondowoso AKBP Wimboko, SIK beserta PJU Polres Bondowoso, Bhabinkamtibmas 20 personil rayon (Tamanan, Jambesari, Pujer dan Tlogosari), Kepala Dinas Pertanian, Muspika Kecamatan Pujer, Kelompok Tani (20 Pers).

Seperti yang dijelaskan oleh Kapolres Bondowoso AKBP Wimboko, SIK kegiatan ini penanaman tanaman cepat panen seperti Bibit Sayur-Mayur, bibit ini sengaja digalakan oleh Polres Bonsowoso dalam rangka mendukung ketersediaan pangan jenis sayuran ditengah masyarakat. Dengan begitu masyarakat yang selama ini yang membutuhkan pekerjaan dan pendapatan dapat memanfaatkan lahan tidur yang cukup luas seperti di halaman rumah atau dikebun untuk bercocok tanam Sayur-Mayur cepat panen seperti Pepaya, Pisang, Lombok, Tomat, Terong dan Bawang pre.

BACA JUGA :  Kawal Pawai Budaya, Wujud Kedekatan Babinsa Koramil Sukosari Dengan Siswa SMK Negeri 1 Sumberwringin

“Kita melihat banyak lahan tidur di wilayah Kabupaten Bondowoso yang dapat diolah dan dimanfaatkan oleh warga yang membutuhkan pekerjaan dan penghasilan karena masyarakat baru saja dilanda masa pandemi Covid-19, sehingga disamping dapat menambah penghasilan juga dapat mendukung ketersediaan pangan masyarakat, “jelas Kapolres Bondowoso.

BACA JUGA :  Kapolres Trenggalek dan Tulungagung Pimpin Upacara Pemakaman Anggota yang Gugur saat Pengamanan di Stadion Kanjuruhan

Kapolres berharap, dengan dilakukannya pencanangan penanaman tanaman Sayur-Mayur cepat panen ini selanjutnya dapat diikuti oleh masyarakat lain secara masif, sehingga bukan hanya sampai disini saja yang mendapat manfaat tapi juga masyarakat luas.

“Semoga dengan adanya pecanangan gerakan Penanaman tanaman cepat panen semua lapisan masyarakat nantinya dapat merasakan manfaat kegiatan ini,” harap Kapolres.

Orang nomer satu di Mapolres Bondowoso juga berharap aksi nyata itu tidak selesai disitu tapi dapat disosialisasikan bersama Dinas terkait dan pihak Pemerintah Desa.

“Dengan begitu masyarakat yang bekerja dirumah bisa memanfaatkan waktu luangnya untuk bercocok tanam, mari kita jadikan kegiatan ini sebagai momentum pemanfaatan lahan tidur di Kabupaten Bondowoso menjadi lahan produktif bernilai ekonomi,” ucap AKBP Wimboko, SIK.

BACA JUGA :  Sukseskan Program Pertanian, Polres dan Pemkab Ngawi Tandatangani MoU Bhatarling

AKBP Wimboko, SIK juga mengajak untuk menggerakan seluruh elemen masyarakat untuk menggelar kegiatan yang sama seperti yang dilakukan oleh masyarakat Desa Maskuning Wetan, sehingga dapat mendukung ketahanan pangan masyarakat.

Kapolres Bondowoso terus mengajak semua pihak dan masyarakat yang mampu untuk memberikan bantuan serta melaksanakan ide-ide cemerlang yang dapat membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

“Mari bersama kita tunjukan kepedulian kepada warga lain yang sedang memerlukan ide-ide untuk menunjang ekonomi sehari-hari di dalam hidup bermasyarakat, jangan sampai ada masyarakat di Kabupaten Bondowoso yang tidak bisa memenuhi kebutuhan hidupnya sehari hari,” pungkas Kapolres Bondowoso AKBP Wimboko, SIK.

(hms/red)