TNI  

Kodim 0822 Bondowoso Gelar Pembinaan Tanggap Bencana Bagi Masyarakat

Bondowoso, BULETININDO.COM – Pentingnya pemahaman serta kesadaran awal dari masyarakat agar menjaga alam ini dengan baik, karena menjaga alam merupakan tugas kita bersama. Bersamaan itu Kodim 0822/Bondowoso melaksanakan program Pembinaan Masyarakat Tanggap Bencana Tahun 2022.

Kegiatan ini mengambil tema “Bersama TNI Membangun Bangsa”, bertempat di Aula Jenderal Sudirman Kodim 0822 Jl. Letnan Sutarman No. 06 Bondowoso, Jatim (30/09/2022).

Dalam sambutannya Komandan Kodim 0822/Bondowoso Letkol Arm Suhendra Chipta, M.Tr.Hanla., yang diwakili Danramil 0822/14 Prajekan Kapten Inf Norman Heru S., mengatakan, “Program pembinaan masyarakat tanggap bencana adalah suatu wujud kepedulian TNI kepada masyarakat diwilayahnya.

BACA JUGA :  Satgas Yonif Raider 514/SY/9/2 Kostrad Pelopori Home Industri Bagi Warga Papua

“Program ini bertujuan untuk mengurangi dampak yang ditimbulkan apabila terjadi bencana alam, melakukan antisipasi dini guna mencegah semaksimal mungkin kerugian yang akan ditimbulkan bila terjadi bencana alam,” ungkap Dandim.

Dalam kegiatan ini Kodim 0822/Bondowoso juga menggandeng pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bondowoso, Babinsa, dan perwakilan anggota komunitas Pencinta Alam Bondowoso.

“Kegiatan edukasi kebencanaan ini sangatlah penting untuk terus disosialisasikan kepada stakeholder maupun unsur komponen terkait agar dapat tercipta perpaduan yang tepat sehingga cepat saat penanggulangan bencana,” tutur Dandim.

BACA JUGA :  Di Acara Kirab Merah Putih, Kapolri Gelorakan Semangat Persatuan-Kesatuan Bangsa

Dandim 0822 menambahkan, “BPBD sengaja dihadirkan dalam kegiatan ini untuk membantu secara tehnis dengan memberikan materi dan praktek terkait penanggulangan bencana alam.

Dengan diselenggarakannya kegiatan ini kita mengharapkan sinergi dan kolaborasi dengan unsur maupun komponen masyarakat lainnya dapat terbangun dan bisa berjalan dengan baik,” imbuhnya.

Selain melakukan edukasi secara intensif kepada masyarakat untuk menjaga lingkungan, karena edukasi penting dilakukan mulai dari hal yang kecil.

BACA JUGA :  Bersama Wabup Bondowoso, Babinsa Koramil Wringin Jalin Silaturrahmi dengan Masyarakat

Satuan Teritorial TNI juga melakukan pemetaan terkait kerawanan bencana alam, sehingga diharapkan apabila terjadi bencana alam, masyarakat tidak panik dan sudah tahu apa yang harus diperbuat,” pungkasnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan materi yang disampaikan oleh pemateri dari BPBD Kab. Bondowoso Kabid Kebencanaan Bapak Angga Indrasta, DF, S.STP.M.Si., tentang Sosialisasi Penanganan Tanggap Bencana Gempa Bumi dan Angin Puting Beliung. (rds)