TNI  

Dalam Rangka Pengamanan Materiil, Kodim 0801/Pacitan Melakukan Pemasangan Sistem UHF RFID

Pacitan, BULETININDO.COM – Dalam rangka meningkatkan pengamanan materiil, Kodim 0801/Pacitan melakukan pemasangan sistem UHF RFID pada senjata api baik laras panjang maupun pistol, bertempat di Makodim 0801/Pacitan Jl. Letjen Suprapto No. 42 Pacitan, Selasa (01/11/2022).

Pelaksanaan pembinaan satuan Kodim 0801/Pacitan meliputi berbagai aspek diantaranya pembinaan organisasi, personil, materiil, pangkalan, peranti lunak dan latihan.Untuk itu, hal tersebut harus dilaksanakan secara terpadu, terarah dan terencana, demi mendukung pencapaian tugas pokok TNI AD secara maksimal.

Akan tetapi dalam rangka pelaksanaan pembinaan satuan tersebut, masih banyak ditemukan beberapa kendala dan permasalahan yang perlu adanya penanganan secara cepat, berkesinambungan dan dilaksanakan secara berkelanjutan.

BACA JUGA :  Dandim 0825 Hadiri Festival Gandrung Sewu Di Pantai Boom Banyuwangi

Upaya yang perlu dilaksanakan dalam aspek pembinaan materiil salah satunya melaksanakan ketentuan yang berlaku dalam prosedur pengamanan gudang senjata sesuai dengan aturan yang berlaku.

Namun kenyataannya di lapangan, masih ada kejadian kehilangan senjata, sehingga dapat disimpulkan bahwa pengamanan gudang senjata perlu ditingkatkan, dalam hal ini perlu menggunakan bantuan teknologi secara modern.

BACA JUGA :  Kapolres Bondowoso Hadiri Doa Bersama Untuk Korban Gempa Cianjur dan Silahturahmi MWC NU Tenggarang

Saat dikonfirmasi awak media, Komandan Kodim 0801/Pacitan Letkol Kav Ibnu Khazim S.I.P., mengatakan bahwa, kondisi saat ini dalam pengamanan gudang senjata masih bersifat konvensional dengan kunci atau gembok dan pengawasan CCTV. Dengan cara seperti ini tentu masih memerlukan usaha untuk menambah sistem pengamanan yang lebih baik dan modern.

“Melalui pemasangan sistem yang lebih modern berupa UHF RFID, diharapkan mampu untuk mengidentifikasi identitas setiap anggota dan identitas senjata dengan lebih efektif, akurat dan efisien”, ujar Dandim saat ditemui di kantornya.

BACA JUGA :  Dandim Bondowoso Irup Upacara Penurunan Bendera Peringatan HUT RI Ke-77

Sistem UHF RFID merupakan salah satu tehnologi modern yang dapat diterapkan pada sistem pengamanan gudang senjata, selain berguna untuk mengidentifikasi senjata yang keluar masuk gudang, dan mengidentifikasi anggota yang meminjam senjata, hal tersebut dapat meminimalisir terjadinya kehilangan.

Sumber : Pendim 0801

Pewarta : rds