TNI  

Babinsa Pancoran Hadiri Pelatihan Kesiapsiagaan Tanggap Bencana

Bondowoso, BULETININDO.COM – Kesiapsiagaan Tanggap Bencana merupakan serangkaian kegiatan yang dilakukan untuk mengantisipasi bencana melalui pengorganisasian serta melalui langkah yang tepat guna dan berdaya guna, pencegahan, mitigasi, kesiapsiagaan pada pra bencana serta pengurangan resiko.

Pelatihan tersebut dinilai sangat stategis mengingat kondisi sekarang ini sudah memasuki musim penghujan menjelang akhir tahun, karena di wilayah Kabupaten Bondowoso sendiri sangat rawan bencana angin puting beliung dan tanah longsor.

Kegiatan pelatihan tersebut diselenggarakan oleh BPBD Kabupaten Bondowoso yang dilaksanakan di lapangan Bola Dusun Pasenan Rt. 37 Rw. 13 Desa Pancoran Kecamatan/Kabupaten Bondowoso yang diikuti peserta dari Kodim 0822, Polres Bondowoso, Satpol PP dan BPBD serta Dipaspora Bondowoso.

BACA JUGA :  Sebagai Bentuk Empati, Dandim 0822 Bondowoso Laksanakan Takziah Kepada Anggota

Kegiatan ini rangkaian dari “Pembukaan Latihan Gabungan Penanggulangan Bencana Alam” dalam rangka Peningkatan Kapasitas Tim Reaksi Cepat (TRC) Penanggulangan Bencana di Kabupaten Bondowoso.

Dalam penyampaiannya, Kalaksa BPBD Bondowoso Dadan Kurniawan, ST MM., mengatakan, “Kesiapsiagaan tanggap bencana adalah tugas kita bersama, maka melalui pelatihan kebencanaan dan kesiapsiagaan sejak dini bagi anggota relawan adalah membantu dalam rangka penanggulangan bencana diwilayah dan diperlukannya peran serta dari masyarakat.

BACA JUGA :  Pasca Tragedi Kerusuhan Suporter, Kodim 0822 Bondowoso Lawatan Kerumah Korban

“Di musim penghujan seperti ini tidak memungkinkan terjadinya bencana yang datang kapan saja maka dalam hal penanganan bencana perlu ada skala prioritas, maka inilah penting bagi kita perlu pemahaman dalam pelaksanaan pelatihan dan pembinaan,” terang Serma Imam.

Sementara, Babinsa Serma Imam Syafii juga menyampaikan pentingnya pelatihan tanggap bencana saat musim penghujan bagi anggota relawan yang tergabung dalam Tim Reaksi Cepat (TRC) Penanggulan Bencana di Kabupaten Bondowoso dalam skala lokal desa guna menghadapi bencana alam.

BACA JUGA :  Dandim 0822 Dan Forkopimda Hadiri Grand Opening Citiplaza Bondowoso

“Hal tersebut untuk dipersiapkan sedini mungkin apabila sewaktu-waktu terjadinya bencana alam pada musim penghujan serta dengan adanya pelatihan ini kemampuan serta kecakapan anggota TRC terus meningkat,” Ujar Babinsa Pancoran.

Sumber : Pendim 0822

Pewarta : rds