Pemerintah Desa Penang Bondowoso, Salurkan BLT-DD Tahun Anggaran 2023

Bondowoso, BULETININDO.COM – Pemerintah Desa (Pemdes) Penang Kecamatan Botolinggo Kabupaten Bondowoso kembali menyalurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-Desa) kepada 41 Keluarga Penerima Manfaat (KPM), Senin (20/03/23)

Kepala Desa Penang Hermanto mengatakan, bahwa BLT-DD tahun ini jumlah penerimanya tidak sama dengan tahun kemarin.

“Tahun ini Dana Desa (DD) untuk BLT-DD dibatasi minimal 10 persen, maksimal 25 persen dan jumlahnya 23 KPM. Sedangkan besarannya Rp300.000,- perbulan dan ini tiga (3) tahap dijadikan satu tahap, jadi kami pemerintah desa menyalurkan bantuan tersebut sebesar Rp 900.000, “ucapnya kades saat memberikan sambutan di Balai Desa.

BACA JUGA :  ADM Perhutani Bondowoso Menyampaikan Prestasi Diacara Webinar

Ia menjelaskan, persentase bantuan langsung tunai itu diatur dalam Peraturan Menteri Keuangan RI Nomor 201/PMK.07/2022 tentang Pengelolaan Dana Desa 2023.

BACA JUGA :  LPEI Dorong UKM Berorientasi Ekspor melalui Pembiayaan dan Pelatihan Ekspor

“Adapun kriteria penerima bantuan ini adalah mereka yang kehilangan mata pencaharian, mempunyai anggota keluarga yang rentang sakit, tidak menerima bantuan sosial Program Keluarga Harapan (PKH), keluarga tunggal atau lanjut usia, ” pungkasnya.

Hermanto Kepala Desa Penang berharap dengan adanya bantuan ini bisa membantu untuk memulihkan ekonomi masyarakat desa, “tuturnya.

Siti Warga penerima BLT-DD tersebut mengucapkan, sangat bersyukur dan bangga dengan adanya bantuan tersebut, dengan adanya bantuan tersebut bisa meringankan beban kami. Saya ucapkan terimaskasih kepada pemerintah pusat dan pemerintah desa yang sudah menyalurkan bantuan langsung tunai dan desa (BLT-DD) ini dan yang menunjukkan bahwa kepala desa yang sudah bersungguh-sungguh menyampaikan amanat pemerintah pusat, “ucapnya. (Rahman)