Polri  

Polres Bondowoso Adakan Apel Siaga Karhutla

banner 468x60

Bondowoso, BULETININDO.COM – Polres Bondowoso menggelar apel Siaga Karhutla Kabupaten Bondowoso 2022, yang diikuti oleh Forpimka Kabupaten Bondowoso, seluruh Kapolsek se wilayah Polres Bondowoso, Danramil 0822/Bondowoso beserta jajarannya, Senin 29/08 2022. Dalam kegiatan Apel Siaga Karhutla dipimpin langsung oleh Kapolres Bondowoso AKBP Wimboko, SIK.

Bertempat dilapangan Mapolres Bondowoso dan tampak hadir Samapta Polres Bondowoso, Kodim 0822/Bondowoso, BPBD, Batalyon 514/Raider, Brimob, Bhabinkamtibmas, Dishub, Satpol PP, Dinkes, Polhut (Polisi Hutan) serta Setkom Bondowoso.

Kapolres Bondowoso mengatakan pentingnya menjaga kelestarian Hutan serta menanggulangi kebakaran hutan. Hal ini perlu menjadi perhatian dan tanggungjawab bersama baik pemerintah, swasta dan masyarakat dalam mengantisipasi serta menanggulanginya karena efek yang ditimbulkan asap berdampak buruk.

“Dampak tersebut diantaranya gangguan kesehatan seperti ISPA, mengganggu aktivitas belajar mengajar, transportasi udara, laut dan darat, menghambat pertumbuhan ekonomi serta menimbulkan isu internasional akibat asap yang sampai ke negara lain serta menimbulkan kerusakan lingkungan,”ungkap AKBP Wimboko, SIK.

Kapolres Bondowoso juga menambahkan Apel Siaga Karhutla ini untuk mengedepankan langkah pencegahan dan penanggulangan didukung penegakan hukum apabila ditemukan adanya pelanggaran atau tindak pidana karhutla.

“Tingginya titik api harus kita sikapi dan tanggulangi bersama melalui upaya preemtif dan preventif seperti pemetaan hot spot, deteksi dini, sosialisasi kepada Perusahaan dan masyarakat hingga ke daerah pelosok supaya tidak membuka lahan dengan cara membakar secara sembarangan, karena tindakan tersebut tidak benar dan merugikan negara dan masyarakat,”imbuh Kapolres.

Kapolres Bondowoso juga mengharapkan untuk berdayakan patroli terpadu TNI-Polri dan masyarakat peduli api pada desa-desa yang berpotensi terjadi karhutla, jika menemukan titik api segera dipadamkan.

“Pencegahan karhutla harus melalui sinergitas seluruh stakeholder terkait supaya hasilnya lebih optimal. Selain itu, Satgas pencegahan dan penanggulangan karhutla bersama kepala desa, Babinsa dan Bhabinkamtibmas sebagai 3 pilar desa mampu menggerakkan seluruh potensi masyarakat serta perusahaan termasuk kelompok peduli api untuk mewujudkan desa bebas asap, “tandas Kapolres Bondowoso AKBP Wimboko, SIK.

Menutup amanat, Kapolres Bondowoso menyampaikan kepada seluruh personel yang terlibat operasi agar tetap menjaga kesehatan, kekompakan dan disiplin serta laksanakan tugas dengan baik, ikhlas dan penuh rasa tanggung jawab.

(Red)